Gen?? Kromosom?? DNA??

Adakah dari kalian yang bingung sebenernya apa sih yang dimaksud gen? kromosom apaan ya? DNA juga apa? Bedanya sebenernya apa sih? Yuk kita belajar bersama :D


Kromosom merupakan struktur seperti benang pada nukleus sel eukariot yang nampak pada saat sel mulai membelah. Pada organisme diploid, kromosom berjumlah diploid (2 set) pada setiap selnya. Kromosom dapat dibedakan menjadi kromosom autosomal dan kromosom seks. Kedua set kromosom tersebut membawa gen-gen yang berpasangan, kecuali pada kromosom Y (Fatchiyah, 2011).
Gen adalah unit hereditas suatu organisme hidup. Gen ini dikode dalam materi genetik organisme yang dikenal sebagai molekul DNA atau RNA. Ekspresi gen dipengaruhi oleh lingkungan internal atau eksternal seperti perkembangan fisik atau perilaku dari individu tersebut. Gen tersusun atau urutan basa nukleotida yang terdiri dari daerah yang mengkode suatu informasi genetik (ekson) dan yang tidak mengkode informasi genetik (intron) serta bagian yang mengatur ekspresi gen yaitu sekuens pengontrol ekspresi gen (regulatory sequence) (Fatchiyah, 2011).

Nukleus memiliki gen yang berfungsi untuk mengontrol struktur dan aktivitas sel. DNA, protein dan beberapa RNA akan membentuk kromatin. Kromatin yang terikat satu sama lain oleh pengikat DNA akan membentuk benang kromatin. Benang kromatin kemudian akan membentuk kromatid. 2 kromatid akan membentuk kromosom (Tortora, 2009).

Kromosom teridiri dari DNA dan protein (histone dan nonhistone). Histone adalah protein dengan asam amino bermuatan positif (lysine dan arginine) yang membuat histone mampu berikatan dengan DNA yang bermuatan negatif. Gene adalah rangkaian unit fungsional untuk pembentukan molekul RNA komplementer (unit transcription). Satu kromosom terdiri dari satu molekul DNA yang sangat panjang yang mengandung satu series gene. DNA menggulung pada histone membentuk nucleosome (Passarge, 2001).

Struktur kromosom (Tortora, 2009).

Berdasarkan letak sentromernya, kromosom dapat diklasifikasikan menjadi kromosom metacentrik, telocentrik, acrocentrik, dan subtelocentrik atau submetacentrik (Tamarin, 2001).


Macam-macam kromosom berdasarkan letak sentromer (Tamarin, 2001).

Nah, dari penjelasan diatas udah bisa jawab pertanyaan gen itu apa? kromosom dan DNA itu apa? Bedanya mereka apa?

Semoga membantu ya gaes. Sampai ketemu di postingan berikutnya :D

DAFTAR PUSTAKA

Fatchiyah ; Estri L. A.,  Sri R., Sri W. 2011. Biologi Molekular : Prinsip Dasar Analisis. Jakarta : Penerbit Erlangga.
Passarge, E. 2001. Color Atlas of Genetic, Second Edition. Germany: Georg Thieme Verlag

Tamarin, R.H. 2001. Principles of Genetic, Seventh Edition. USA: McGraw-Hill Companies
Tortora, G.J., Bryan D. 2009. Principles of Anatomy and Physiology 12th edition. Hoboken : John & Wiley Company

Comments

Popular posts from this blog

Biologi Sel : Komponen dan Fungsi Sel

Definisi Fisiologi : Fisiologi itu apa sih??